Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas




Tips dan Solusi Agar Laptop Tidak Cepat Panas

1. Bersihkan kipas heatsink laptop dari debu
Biasanya laptop yang sudah lama dipakai banyak terkena debu, maka debu akan menumpuk di kipas & heatsink. Debu akan menghalangi hembusan udara panas keluar, sehingga menyebabkan cpu cepat panas.





2. Undervolting
Undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke cpu dengan menggunakan software. Tidak semua prosesor memiliki toleransi voltase yang sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda tiap jenisnya. Pada umumnya voltase standard pabrik memiliki voltase sangat tinggi sehingga secara otomatis menambah tinggi temperatur pada cpu. Undervolting mencoba membantu mengatur voltase ke voltase stabil yang paling rendah.





3. Suhu Ruangan
Suhu ruangan sangat berpengaruh terhadap panas
Laptop. Pada umumnya suhu ruangan yang begitu panas juga memacu suhu pada Laptop untuk menjadi lebih panas, jadi alangkah baiknya ketika menggunakan Laptop jangan berada diruangan yang memiliki suhu ruangan terlalu tinggi/panas.





4. Ganti Thermal Paste CPU
Pada umumnya thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, tetapi membuat transfer panas dari cpu ke heatsink menjadi lebih bagus.






5. Gunakan Cooling Pad
Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan, tetapi pemakaian cooling pad kurang berpengaruh untuk membuat
Laptop  tidak cepat panas. Cooling pad pada umunya hanya menurunkan temperatur cpu 1-5C saja.

Demikian artikel mengenai Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas, kurang lebihnya saya Mohon Maaf, Semoga apa yang saya berikan bisa bermanfaat buat kita semua.. Amin Terimakasih
Previous
Next Post »
Thanks for your comment