Cara Menggabungkan File Video Tanpa Software

Menggabungan video disini maksudnya adalah menggabungkan dua atau lebih video yang sejenis menjadi satu video yang utuh. sering kali kita temui ketika kita hendak mendownload film favorit kita, file tersebut terpecah menjadi beberapa bagian (yg berextension .001, .002 dan seterusnya), hal itu akan berpengaruh ketika kita memutar video itu bersamaan dengan file subtitle yang kita unduh secara terpisah.


Ada cara sederhana untuk menggabungkan video - video tersebut yaitu menggunakan notepad apabila kita malas mencari software untuk menggabungkan video tersebut.

Berikut langkah - langkahnya :


  • Buka aplikasi notepad


  • ketik atau copas scrip berikut "copy /b namafile.flv fullmovie.flv" , tanpa tanda kutip, namafile sesuai file yang akan digabungkan,dan fullmovie dapat diubah sesuai nama file keinginan kita, format video  juga disesuaikan dengan format video yang akan kita gabungkan.
Contoh: Disini saya akan menggabungkan video yang sudah saya download. File video yang saya download tersebut bernama "kungfu_Part1.flv.001" dan "kungfu_Part1.flv.002". Maka saya akan menuliskan kode berikut: copy /b kungfu_Part1.flv fullmovie.flv 
Lihat gambar di bawah



  • Simpan dengan nama sesuai keinginan anda, dengan format file bat, untuk dapat berubah ke format bat, gunakan tanda kutip ganda pada nama file tersebut, contohnya "namafile.bat". Dan pada kolom "Save as type" ganti menjadi "All files"

  • Tempatkan file tersebut dalam satu folder tempat video - video yang akan digabungkan.
  • Double klik pada file .bat tersebut,maka akan muncul aplikasi command prompt. Biarkan saja aplikasi tersebut dan jangan ditutup terlebih dahulu. Bersamaan dengan command prompt akan muncul file hasil penggabungan berupa file .flv (karena file yang saya unduh adalah file .flv). Tunggu sampai proses selesai (lihat pada file hasil penggabungan,jika file size sudah berhenti bertambah maka penggabungan selesai) dan aplikasi command prompt bisa ditutup.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment